Permasalahan Konfigurasi Network (Juniper, Mikrotik, Watch Guard, Cisco) - Bagian 1

3 Apr 2014
Hari ini saya mendapatkan project dari sebuah perusahaan untuk mengkonfigurasi 12 perangkat yang terdiri dari switch, router dan firewall. dari perangkat tersebut ada beberapa merek yaitu seperti berikut (Juniper, Mikrotik, Watch Guard, & Cisco). yang dimana project ini adalah salah satu project freelance saya di PT. AstaInformatics. yang dimana ini ada project Network Infrastructure Clifford Chance, nah saya dapat kesempatan untuk implementasi Network Infrastructure disana atas nama engineer AstaInformatics (sbg Freelance). pada saat kesempatan ini saya akan menceritakan pengalaman saya di konfigurasi dan troubleshooting pada perangkat-perangkat tersebut.


Sebelumnya saya dan teman saya imam membagi tugas untuk konfigurasi saya 6 dan dia 6 perangkat lainnya, dan 12 perangkat ini akan terhubung satu sama lainnya. mulai dari Routing, Switching, Loadbalancing dsb. nah pada awalnya saya dan teman saya memulai tugas konfigurasi yaitu router utama yaitu Juniper sebagai gateway yg penghubung antara 2 ISP yang sudah ada, dan didalam pengerjaan konfigurasi perangkat juniper menjadi router core. dan nantinya dari router core akan masuk ke router mikrotik sebagai bonding interfaces ke watch guard, dan nantinya dari watch guard akan digunakan sebagai DHCP Server dan firewall yang akan terhubung ke switch cisco 24 port dan switch cisco 28 port. nah saya menemukan trouble yang baru, karena juniper terinstall Firmware OS yang lama. dan ternyata firmware yang versi 10 (lama) tidak user friendly dan konfigurasinya sangat susah. dan akhirnya saya mencoba untuk mencari cara bagaimana mengupgrade firmware ke versi terbaru.



Saya langsung mengunjungi website juniper dan disana tertuliskan bahwa firmware yang terbaru adalah versi 11 nah saya mencoba untuk mendownload file firmware yang telah di sediakan, dan website tersebut membutuhkan login ke juniper akun, yah saya harus daftar dulu dan menunggu konfirmasi email dari mereka memakan waktu 1,5Jam. setelah mendapatkan konfirmasi dan saya langsung aktivasi akun saya, nah.. setelah saya bisa login saya mencoba utk mendownload, dan ternyata tidak bisa karena saya harus bayar lisensi dulu baru bisa download, dan akhirnya saya cari-cari di google ataupun di torrent walaupun resikonya sangat tinggi, karena bisa saja firmware yang di update mereka tidak official bisa merusak hardware saya.

Dan akhirnya saya menemukan FTP punya seseorang yang beralamatka ftp://94.185.142.82/ . dan ternyata dia telah mengupload ke server FTP pribadinya dan sangat memudahkan orang-orang untuk mencari firmware atau mendownload karena telah di buat untuk mirror link oleh beliau, saya tidak basa basi lagi dan saya langsung mencoba ke juniper saya. akhirnya berhasi upgrade firmware versi terbaru, saya tidak basa-basi lagi. saya langsung konfigurasi Static IP , Static routing dan NAT pada router core juniper tersebut, dan hasilnya tidak berhasil. saya terus mencoba sampai jam 23:00 malam hari ini. dan akhirnya saya menemukan solusi juga pada jam 23:15 utk permasalahan NAT, dan oleh karena itu step konfigurasi Router Core berhasil saya konfig, dan saatnya saya mulai dengan Router Mikrotik utk konfigurasi Failover & Boding di router tersebut.

Di dalam mikrotik saya mendapatkan trouble lagi, yaitu tidak bisa mengkonfigurasi VRRP (Failover) dan saya mencari lagi solusi yang tepat untuk masalah saya. saya browsing kemana-mana dan belum dapat hasil yang memuaskan, sampai sekarang saya masih mencari problem, dan sempat-sempatnya untuk update blog saya pada malam ini. karena project ini harus selesai jam 2 Siang besok, jadi saya harus bergadang untuk menyelesaikannya. walaupun besok saya harus masuk jam 7 pagi karena ada kelas Jaringan Komputer(Hmm. sepertinya saya tidak tidur untuk hari ini). sekian update blog saya hari ini. saya mau melanjutkan pekerjaan project saya lagi, terimakasih untuk anda yang telah membaca blog saya yang baru ini, Selamat malam...

2 comments: