Sang Pemimpi , Just A Dreamer (Part 3)

12 Mar 2014
Dan temanku yang satu lagi dia dapet tugas magang di Bidang Kerumahtanggaan KBRI Kuala Lumpur, eh iya aku lupa ngasih tau apa itu KBRI Kuala Lumpur, Malaysia. KBRI adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Kuala Lumpur,Malaysia . lah berarti ketemu Duta Besar Indonesia dong, ya alhamdulillah iya tiap hari malahan hehehe. Dan disana pertama kali aku di beri tugas untuk menjadi kepala Maintenance PC dan Jaringan, dan kerjaan ku tiap hari itu aja sih tapi aku juga lagi buat sesuatu yang berguna nantinya untuk orang2 KBRI disini , Misi Pertamaku yaitu Membuat Proxy Server untuk mempercepat koneksi browsing dan internetnya , dan selesai mereka menggunakan proxy serverku dengan baik, tapi sayang ga di bayar hehehe, tapi gpp langkah awal untuk maju. Dan aku mulai melirik sana sini ternyata ada program aplikasi paspor yang tiap hariny aku melihat kerjaan itu di depan mejaku karena disana kan banyak pemohon paspor. 

Disana pertama kalinya aku kesana masih pake program KLIMIS namanya kata pegawai disana dan disana aku bertanya-tanya kepada kepala pegawai bidang IT disana tentang aplikasi paspor dan servernya dimana gitu, dan setelah aku kasih dia proxy server jadi admin nya di Server Pertamaku dia sangat senang, dan waktu berlalu tanpa kusadari udh 2 bulan aku magang disana. Aku di ajarkan untuk mengentry data paspor menggunakan Aplikasi Paspor dan memprint paspor dan memfoto para pemohon utk retrive ke program paspor. Disana aku rasanya udh jadi pegawai imigrasi deh hahahah. Soalnya semuanya di ajarkan sih tentang paspor. Keesokan harinya ada tugas yang berbeda untuk aku yaitu aku disuruh perbaiki Mesin Barcode Visa, wah2 ini dia yang ga pernah aku pegang dan lihat karena aku ga tau itu apa soalnya, tapi dengan keberanian di hati dan tekad yang bulat aku kesana untuk melihat. Wah alhamdulillah ternyata driver nya toh yang kaga terinstall hahah, alhamdulillah aku minta aja driver nya ama bapak yang IT disana , trus aku di kasih install deh dan clear deh masalahnya berjalan dengan lancar. Dan mereka bilang makasih yah aku bilang sama-sama. Eh karena aku ini orangnya punya niat pengen tau gimana cara gunain itu aplikasi Visa eh rupanya ada bapak2 yang mau ngajarin aku dari pertama sampai akhir, dan 2 hari aku sudah hapal caranya kalau orang mau buat VISA atau mutasi dll lah pokoknya, Dapat ilmu baru 2 Paspor Dan Visa Alhamdulillah udh terkuasai Sistemnya, dan keesokan harinya ternyata program paspor klimis itu ada licensi expired datenya wah berarti nih yang buat program kaga kasih yang full masa udah mahal2 beli server + aplikasi paspor eh rupanya di limit date aja, dan biasanya server Klimis ini di pegang oleh seorang bapak pegawai di bidang IT KBRI tapi dianya udh kaga nongol2 lagi. 

Dan katanya sih harus bayar lagi utk melanjutkan aplikasi nya. Hmm brarti ini pemerasan uang neh hahahah. Pertama Aplikasi itu tidak bisa Berjalan dengan sempurna yaitu di bagian Photo Paspor tidak bisa di buka lagi aplikasinya karena Error Aplication, terpaksa hari itu aku disuruh berpikir oleh bapak pebimbingku yang orang IT KBRI itu, gimana yah wan caranya biar jalan tuh pelayanan. Soalnya skrg itu lagi di stop utk pendaftar baru.  Hari itu di tutup pelayanan. Hanya sebagian yang di terima dalam pelayanan alias yang udah foto aja heheh. Malam itu kami begadang di kantor utk membuat system Aplikasi Paspor itu, pertama program foto itu dan selesai pada malam itu juga. Dan sudah di coba ulang, dan untungnya bapak itu ada Souce Code Aplikasi Pasport yang lama tahun 2008 tuh kalo ga salah yah kami fungsikan lagi itu , tapi databasenya terkunci di klimis untuk 2009-2012 sih kalo kaga salah. Tapi keesokan harinya foto itu bisa di letak di sharing data server trus ntar panggil aja kode no antrian ntar kereaload sendiri ke server klimis, maka karena itu pelayanan jalan lagi Masih pake KLIMIS. 

Dan rupanya setelah makan siang/istirahat siang dan pelayana di buka lagi ternyata Aplikasi KLIMIS yang sudah di LogOut tidak bisa Log In lagi . wah kacau neh. Untung aja masih ada yang belum logout jadi sebagian masih ada yang jalan. Disana kami pusing setengah mati soalnya mau pake program aplikasi apa supaya pelayanan yang ramai ini tiap harinya soalnya TKI nya banyak amat hahahah , kaga habis2nya tiap hari selalu ada 500 orang yang datang .  Disana semua TIM IT KBRI dan aku ikut itu membuat program Aplikasi Paspor sementara dan ternyata selesai dalam 1 hari walaupun ampe jam 3 pagi selesai,heheheh dan pelayanan terselamatkan lagi karena kami begadang dan mata ini sayu-sayu.hahahah. karena udah berjalan dengan lancar aku punya ide baru pula neh soalnya aku mau buat Website Imigrasi KBRI Kuala Lumpur ,Email Server Imigrasi Intranet dan Wikipedia Imigrasi Intranet. 

Dan itu selama 1 minggu aku coding dan configure membuatnya, sungguh lelah. Soalnya disana aku banyak belajar pemograman karena di sekolah ga ada ngajarin pemograman dan disana aku belajar dari google saja soalnya pas pertama aku disana di tanya bisa VB6 kaga wan ? bisa pak , (Takut Kalo di tanya-tanya) wah bagus dong wan kata bapak itu. Ntar saya kalo ada yang saya bingungin saya tanyain ke kamu yah. “Pusing kepala aku liatnya wong aku ga ngerti pemograman” dan keesokan harinya aku belajar pemograman baru baca-baca udah di panggil ama bapak itu. Eh wan ini program aplikasi paspor kita ada masalah neh wan dengan retrive foto coba kamu pakai naluri jaringan wan soalnya ini salah coding deh manggil share lewat //192.168.11.1 , dan aku tanpa berpikir panjang , pak karena ini windows share nya brarti ga pake FTP Server atau apa lah semacamnya seharusnya di dalam code itu \\192.168.11.1\FotoPaspor2012\ dan ternyata code itu jalan, ya iyalah jalan kan itu kan lari kejaringan pemogramannya , hahah . alhamdulillah selamat dari ancaman . hahahaha. Dan hari itu aku belajar dengan giat semua pemograman VB6,VB2008 ,SQL Server , html, php, mysql ,ajax, jquery, css, javascript dll malas nyebutin satu-satu.hehhe. dan alhamdulillah Allah SWT memberi aku pemahaman yang enak aku paham itu semua. Dan pas di tanya aku pasti konek, dan Misi aku yang Kedua tadi buat server Web Imigrasi, Mail Server, Dan Wikipedia Server ternyata selesai juga seiiring berjalan waktu aku belajar programing. 

Dan sekarang aku sudah di kasih hak akses untuk membantu dalam mengelola Server Paspor Dan Visa. Jadi Admin lah ceritanya heheh. Tapi server yang aku buat tadi masih aku simpan belum siap utk di berikan hehe. (padahal udh ready utk digunakan) dan hari itu yang bapak IT KBRI tadi menghubungi orang Jepang untuk menghack / mengambil database yang terkunci di KLIMIS kan itu data penting makanya cari cara untuk mengambilnya, wah pas aku liat tuh orang jepang lagi oprak oprek dan ternyata dia dapat password login admin SQL Server Enterprise 2008 nya dan tinggal di copy aja , tapi dia kaga bawa harddisk makanya besok aja di lanjutkan katanya , dan aku mengintip cara-caranya eh ternyata nemu juga aku password dan login admin SQL Connect Backconnect ke databasenya dan ternyata aku bisa juga. Dan malam itu  aku pulang jam 12 malam karena nungguin Copy Database KLIMISnya soalnya biar membantu. Hehehe Selesai di Copy melalui Backconnect SQL server dan aku dapat databaseny nya semua sebesar 160 GB kalo ga salah. Heheheh. Besok nya dengan wajah cerah aku datang ke kantor dan orang jepang itu datang katanya mau ngambil databasenya. Eh rupanya dia pake cara lebai utk ngambil databasenya, yaitu dengan get tables satu persatu pake XML data, lah kan itu sakit kepala dan pasti berhari2 selesai nya itu kalau dengan cara itu (Bersambung ... )

No comments:

Post a Comment