Niat belajar yang tak urung patah (Hari Jum'at yang penuh hikmah)

7 Mar 2014
Hari jum'at ini saya seperti biasa kuliah materi Sistem Basis Data. perkuliahan saya dari jam 7:20 sampai jam 11:00. seperti biasanya saya selalu berangkat pagi untuk belajar Sistem Basis data sesampai di kelas. ternyata hari ini KP(Kuliah Pengganti) dosennya tidak bisa hadir karena berhalangan datang.

Saya dan teman-teman langsung berinisiatif untuk makan, kita langsung saja ke warung soto terdekat dari kampus, kami makan sambil ngobrol-ngobrol tentang tugas kuliah sampai ngobrol yang lainnya. dan akhirnya teman saya mendapatkan ide bagaimana nanti abis sholat jum'at jam satu siang kita ke JCC untuk melihat Mega bazar alat elektronik (Pameran Komputer dan alat elektronik) yang di adakan di Jakarta Convenience Center.

Waktu masih menujukan jam 9:30 AM. dan sholat jum'at akan mulai pada jam 12:15. teman-teman saya yang lainnya memiliki insiatif untuk main warnet dulu, tapi saya tidak mau karena sudah capek dan bosan main game, heheh. Mereka ke warnet saya ke Perpustakaan kampus untuk belajar. sambil mencari ide untuk tugas Software Engineer nanti untuk mini skripsi di minggu ke-11.

Sesampai di perpus saya membuka catatan dan laptop saya, dan saya kepikiran ide untuk membuat aplikasi Bayar-Masing2. jadi akan memudahkan kumpulan orang yang sedang makan bersama seperti anak muda sekarang sering makan di luar dan biasanya setelah makan mereka pasti bayar masing-masing dan susah untuk menghitung total makanan yang mereka makan, saya bertujuan untuk mempermudahkan mereka dengan metode hanya dengan photo struk pembayarannya nanti tinggal di checklist makan apa aja nanti akan otomatis terkalkulasi kan + PPN dari harga tersebut. step awal yang saya lakukan adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya di google tentang Image Recognition nah bagaimana menkonvert gambar menjadi Text yang nantinya akan saya pasing ke variable-variable tertentu yang akan membantu realisasikan ide saya tersebut.

Alhamdulilah pada pukul 11:35 saya telah menyelesaikan coding bahasa pemograman PHP untuk konversi gambar ke format text menggunakan api ocr, saya langsung menggunakan handphone saya sambil mengambil buku sebagai contoh yang akan saya foto nanti.
ini adalah hasil dari kamera handphone saya. saya langsung mencoba program yang telah saya buat tadi untuk mengkonversinya. dan hasilnya tidak akurat seperti di bawah ini :

Saya hampir putus asa dan patah semangat belajar, kenapa untuk konversi tersebut tidak berjalan dengan lancar dan akurasinya kurang. padahal algoritmanya sudah benar. dan akhirnya saya mendapatkan ide pada jam 11:45 mengurangkan itentitas warna yang ada di photo tersebut untuk membagi menjadi 2 warna saja, yaitu hitam dan putih menjadi metode grayscale mungkin ocr tidak bisa membaca banyak warna.
Saya menurunkan itentitas jenis warna dan menjadikan mode grayscale kira-kira bentuknya seperti ini. saya coba lagi dan alhamdulillah konversinya berhasil 99 % akurat !. :
 Wah Alhamdulillah Allah memberikan saya pencerahan yang bagus, di saat saya gelisah dan putus asa tapi saya mencoba untuk tidak patah semangat belajar. akhirnya step berikutnya untuk membangun ide aplikasi yang cemerlang ini akan menjadi mudah.

Terimakasih untuk teman-teman yang senantiasa membaca tulisan perjalanan saya ini.

No comments:

Post a Comment