Hari yang melelahkan (Implementasi Project)

5 Mar 2014
Hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya yang lalu yaitu dalam implementasi project datacenter. dalam project saya yang lalu, saya mendapatkan project untuk implementasi pergantian dari jalur Jaringan Megabyte akan di upgrade ke Gigabit, dengan 3 Switch dan 1 router sebagai core di data center. sebenarnya disini saya hanya membantu teman saja untuk menyelesaikan project mereka tersebut. saya membatu dari cabling modular dan config switch.Sebelumnya saya harus cerita dulu. pada saat itu saya dan kru lainnya mendapatkan masalah karena hari senin jaringan dan datacenter kantor ini sudah harus up atau berjalan dengan lancar, karena untuk keperluan produksi. tapi pada planning awal bahwa jaringan yang lama tidak di putus dahulu, nah jika bagian putus-putus kabel di setiap partisi ruangan itu bukan pekerjaan vendor dari saya, tapi berbeda vendor lagi.

Dan pada saat pengerjaan tersebut kita telah memasang semua modular di datacenter tersebut, seperti gambar diatas. dan pada saat itu saya dan kru ingin mengetest modular connector kita berjalan dengan lancar atau ada kesalahan, kita mengecek menggunakan Lan Tester Modullar. karena ruangan karyawan berbeda dengan ruangan datacenter kita harus masuk memasang Lan Tester ke ruangan lain. pada saat itu saya dan project manager panggil saja dia pak ian. kami ingin menguji jaringan modular kami pada satu titik client dulu saja. dan ternyata kita melihat bahwa kabel dari datacenter belum keseluruhan di tarik oleh vendor kabelis itu. dan kita hampir shock karena ini pekerjaan tidak sesuai dengan project timeline yang kita berikan. nah disana timbul lah perdebatan kenapa pengerjaan mereka lama sekali dan sebagainya. dan parahnya vendor ini memotong kabel jaringan baru, dengan alasan tidak muat kalo pake 2 kabel untuk di atas atap. nah timbul masalah yang bertubi-tubi karena hari senin sudah harus jalan jaringan production mereka. ya sudah itu urusan vendor mereka dengan kantor tersebut, yang penting kita tetap di project timeline kita. jika lewat maka kantor tersebut akan di kenakan charge tambahan.

Setelah masalah itu selesai kita langsung ke ruang meeting untuk melihat terminasi modular yang di pasang oleh mereka, dan orang kantor tersebut melihat kenapa ini modular di letakkan di didinding ? bukannya di atas letaknya ada di bawah mejad rapat yah ? nah timbul lagi masalahnya karena kabel tersebut terlalu pendek dan harus di tarik dari sisi data center. nah pada proses penarikan dari 2 sisi ini, telah selesai di tarik dan alhamdulillah kabelnya sampai ke tengah meja ruang meeting. kita melanjutkan pengerjaan tersebut. tidak terasa sudah jam 2 pagi saja. dan pengerjaan kita sudah selesai pada waktu itu. tinggal konfigurasi switch management untuk koneksi di bagi per-vlan.


saya dan teman saya imam melakukan konfigurasi switch walaupun ini bukan pekerjaan saya saya hanya membatu saja, tapi tidak apa-apa saya bisa belajar banyak dari sini, teman saya mengalami keanehan pada saat konfigurasi switch HP tersebut. karena telah di konfigurasi tapi vlannya tetap tidak mendapatkan DHCP server dari mikrotik virtualbox nya dia. nah saya mencoba membantunya dan hasilnya ternyata tidak bisa karena port vitual box tidak support dengan VLAN Porting. nah karena hal itu saya mengajurkan ke teman saya tersebut ya sudah konfigurasi dulu saja seperti biasa, nanti di troubleshoot setelah di pasang ke rak server. seiring berjalannya waktu ada salah satu kru kami tidak tahu dan tidak sengaja memotong kabel yang di terminasi di ruang rapat tadi. dia menyangka kalau kabel itu di terminasi di dinding tersebut. nah kita semua mulai galau, hahaha.

Mau tidak mau harus menarik kabel baru dan vendor kabel itu kami suruh untuk menarik kabel baru. hari sudah semakin pagi sekarang sudah jam 3 subuh. dan akhirnya pekerjaan kami selesai di bagian pemasangan physical, saatnya pengujian konfigurasi yang tadi, dan very well berjalan dengan baik, akhirnya jam 3:30 pagi kita makan dulu di pecel lele yang ada di jalan mau pulang, sampai jam 4:00 kita langsung berpisah yaitu pulang kerumah masing-masing, saya dengan pak ian pulang ke arah yang sama, saya di antar dulu ke kost. sampai di kost kalau tidak salah sudah jam 4:30 Subuh saya kaget. berarti saya harus tidur dulu, untung saja hari ini hari minggu jadi saya bisa tidur sepuasnya karena tidak ada jadwal perkuliahan pada hari minggu.
saya isitirahat dan bangun siang jam 2 siang,  saya bangun dan makan dan melanjutkan aktivitas rutin yang saya lakukan setiap harinya kembali,
"Pada saat itu saya banyak belajar karena kita harus belajar dan bekerja keras untuk menggapai cita-cita yang telah kita tentukan"

 Terimakasih atas kunjungan kalian di blog/catatan perjalanan saya ini.

No comments:

Post a Comment