Berharap dan mencoba untuk membantu sang 'Guru'

17 Mar 2014
Hari ini saya akan menceritakan perjalanan hidup saya kembali, pada hari ini saya melakukan aktivitas kuliah yang akan di mulai jam 09:20 sampai dengan 13:00, hari ini saya mendapatkan mata kuliah yaitu Artificial Intelligence. seperti biasa saya berangkat dari kost'an jam 8:00 dan sampai di kampus jam 08:10, saya duduk di luar kelas karena pada jam segitu kelas memang belum di buka karena tidak ada yang kuliah pada jam sebelumnya. hal yang biasa saya lakukan sambil menunggu kelas di mulai, adalah membaca buku. saya membaca buku sampai jam 09:00 kelas di buka dan akhirnya saya masuk ke dalam kelas.

Pada pukul 09:20 kelas artificial intelligence yang harusnya di mulai, tapi tidak mulai-mulai sampai jam 09:35, saya heran karena dosennya belum datang juga, akhirnya jam 09:40 ada seseorang yang berpakaian seperti karyawan kampus, membawa selebaran kertas yang tertulis disana bahwa Kuliah Artificial Intelligence hari ini di tiadakan dan akan di ganti pada tgl sekian. Saya kesal bercampur senang. kesal karena sudah nungguin dari jam 08:10 sampai 09:40 dan ternyata Kuliah Pengganti pula. tapi saya senang karena saya bisa ke kantor tempat saya biasanya Frelance project, kali ini saya tidak ada project dan saya cuma pengen main ke kantor saja untuk hangout bersama teman-teman yang ada di kantor. sebelum ke kantor seperti biasa saya melihat reminder saya di handphone bahwa schedule berangkat ke kantor seharusnya jam 14:00, karena di schedule sebelum 14:00 ini saya harus mengirim surat permohonan magang ke LAPAN, saya menggunakan jasa pengiriman untuk mengirim surat permohonan magang saya tersebut. oh iya saya lupa menceritakan tentang permohonan magang saya di LAPAN, mungkin di artikel selanjutnya akan saya bahas, ok mari kita lanjut untuk membahasa apa yang saya lakukan hari ini.

Setelah saya selesai mengirim paket, saya langsung menuju ke kantor, di perjalanan kekantor seperti biasa, yang namanya jakarta yah pasti macet. sesampai di kantor saya berjabat tangan dengan semua orang yang ada di kantor karena saya sudah 1 minggu tidak ke kantor, karena kesibukan kuliah dan tugas lainnya. pada waktu yang sama saya melihat pak reza yang sedang sibuk mengerjakan server erpnya. dia sedang kebingungan mencari bagaimana mengganti timezone server erp tersebut. dia sudah melakukan pencarian langsung ke server linuxnya dan mencari di folder mana time zone tersebut di setting, dia telah melakukan konfigurasi di config.py yg ada di server tapi hasilnya tetap sama, tidak terjadi apa-apa di sistem erpnya, dan saya mencoba untuk membantunya karena saya lihat dia sedang kebingungan. meskipun ilmu saya tidak sebanding dengan beliau, hehe, saya cuma ingin membantu beliau untuk menyelesaikan problem tersebut. kami mencari-cari di file-file yang ada di server linux tersebut mungkin ada konfigurasi lainnya yang harus di edit supaya di web base application nya timezonenya sama.

Beberapa menit kemudian kira-kira 15 menit, saya memiliki inisiatif dan bertanya kepada beliau, pak bpk sudah cari di Web Administrator ERP nya belum pak ? dan beliau menjawab, sudah wan tapi saya tidak tau dimana letak konfigurasi time zonenya, maaf pak bisa saya coba cari dulu, masuk ke setting > default factory configuration > Nah di dalam sini ada ternyata untuk edit time zone, alhamdulillah problem terselesaikan sudah, saya lega karena bisa membantu beliau, biasanya beliau sangat baik kepada saya sering membantu saya, sekali-kali saya harus bantu dia dong,heheheh.

Setelah edit timezone terselesaikan saya langsung membuka laptop saya untuk download video tutorial Aerospace &Aeronautical untuk belajar materi, supaya nanti saya magang sudah memiliki sedikit basic dari tekonologi roket. saya mendownload video materi dari sebuah universitas yang ada di India, saya sangat terkesan karena di India sudah mempelajari hal ini sudah sejak lama sekali, dan mereka menge-share video lecture mereka di youtube sejak tahun 2009. saya melihat ternyata India sudah jauh lebih hebat dari indonesia, sepertinya kampus terkenal Havard, MIT, dsb nya di amerika juga share video lecture tapi tidak selengkap Kampus India ini. saya merasa indonesia seharusnya begini, karena mungkin untuk riset tekonologi roket,satelit dan teknologi dirgantar memang masih kurang di indonesia, maka karena itu saya memiliki minat untuk membangun sebuah Roket/satelit yang di buat sendiri oleh anak bangsa kita. semoga cita-cita saya tercapai aamiin.

No comments:

Post a Comment